RSS

Kejutan Teh Hijau

Teh hijau dari dahulu kala memang sudah diyakini sebagai minuman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain kaya antioksidan, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa teh hijau mampu menurunkan berat badan orang yang meminumnya.

Karena khasiatnya itu, teh ini pun sekarang telah dikenal dan dipercaya oleh jutaan orang sebagai obat dan minuman kesehatan. Banyak juga diantara mereka yang justru turut serta dalam penelitian akan teh hijau. Bahkan karena begitu seringnya teh hijau ini diteliti, maka fakta-fakta yang mengejutkan tentang teh hijau ini pun mulai terungkap.

Berikut ialah fakta tentang teh hijau yang belum terlalu dikenal dalam masyarakat umum dan perlu kita ketahui. Fakta ini sangat bermacam-macam, mulai dari cara meminumnya hingga efek samping setelah meminum teh ini. Berikut ialah fakta-faktanya.

Menyeduh teh hijau yang segar memang sangat sehat dan baik untuk tubuh manusia. Kita boleh menikmatinya dalam kondisi masih panas, hangat, ataupun dingin. Namun, sebaiknya kita menghindari meminum teh hijau di saat teh masih dalam kondisi sangat panas, karena panas tersebut bisa menyebabkan kanker tenggorokan.

Selain itu, kita juga harus memastikan bahwa teh tersebut tidak disimpan lebih dari satu jam. Jika kita menyimpan teh dalam waktu yang lama, teh bisa kehilangan kandungan vitamin dan antioksidannya. Selain itu, sifat anti-bakterinya juga akan berkurang. Bahkan, teh bisa berubah sifatnya dari yang anti bakteri menjadi penyimpan banyak bakteri jika dibiarkan terlalu lama di udara terbuka. Jadi, segera meminum teh hijau yang telah diseduh akanlah sangat baik bagi kesehatan manusia, terutama karena akan menghindarkan diri kita dari efek samping di atas.

Fakta lainnya mengenai teh hijau juga bercerita tentang kebiasaan orang masa kini yang cenderung berdiet untuk mencapai kesehatan hidupnya. Kebanyakan orang yang sedang berdiet suka minum teh hijau sebelum makan. Hal ini dikarenakan teh hijau yang telah dipercaya berguna dan bermanfaat dalam menurunkan berat badan.

Teh hijau dapat mengontrol nafsu makan untuk waktu yang cukup lama. Waktu yang ideal untuk meminum teh hijau ini adalah satu jam sebelum atau setelah makan. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung kafein yang berfungsi untuk mengontrol nafsu makan manusia. Jadi, jika diminum satu jam sebelum makan, teh hijau dapat mengendalikan rasa lapar. Contohnya ialah saat kita ingin menghindari cemilan berat di sore hari. Kita dapat meminum teh hijau dengan biskuit rendah lemak sebagai pengganti cemilan berat tersebut. Namun, tidak di setiap waktu kita dapat meminum teh tersebut. Kita harus menghindari minum teh hijau di pagi hari, terutama saat perut kita kosong dan belum terisi apapun.

Selain itu, dalam mengkonsumsi teh hijau, peminumannya tak boleh digabung dengan obat. Tak lain dan tak bukan, pelarangan ini dibuat untuk menghindarkan kita dari reaksi kimia yang mungkin terjadi antara obat dan teh hijau. Untuk itu, jangan pernah mengonsumsi keduanya bersamaan!

Mengonsumsi teh hijau secara berlebihan juga dapat memicu terjadinya efek samping. Meminum lebih dari 2 sampai 3 cangkir teh hijau setiap hari dapat membahayakan tubuh kita. Hal ini dikarenakan oleh sifat teh hijau yang sangat pekat, mengandung kafein, serta kandungan polifenolnya yang tinggi. Bahan-bahan dalam teh hijau ini memiliki efek samping yang cukup besar bagi tubuh manusia.

Teh hijau yang kuat atau pekat dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sulit tidur, tekanan darah tinggi bahkan jantung berdebar. Maka dari itu semua, kini telah ditetapkan bahwa kita hanya boleh minum teh hijau maksimal 3 cangkir saja setiap harinya.

Sekian fakta tentang teh hijau. Semoga dapat membantu anda dalam menjalani kehidupan di dunia yang penuh misteri ini. 

oleh Christine T. 
Sumber : Yahoo.com
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar