RSS

Daki yang Muncul Saat Kulit Digosok-gosok

Teman-teman, apakah kalian menggunakan spons penggosok ketika kalian mandi? Spons memang bagus untuk mengelupaskan kulit-kulit mati berwarna hitam yang kita sebut daki. Akan tetapi, sebaiknya jangan menggosok kulit terlalu keras dengan spons karena dapat mengakibatkan daki putih ikut terkelupas.

Kulit tubuh terbentuk dari tiga lapisan : lapisan luar (epidermis), lapisan dalam (dermis), dan jaringan lemak. Di antara lapisan-lapisan tersebut, hanya epidermis yang bisa dilihat langsung dengan mata. Lapisan epidermis seperti pabrik yang tidak pernah libur karena bagian bawahnya selalu memproduksi sel kulit baru. Sel-sel baru akan pindah ke lapisan epidermis. Karena sel-sel epidermis lama terdorong ke atas, sel-sel tersebut tidak memiliki tempat lagi. Maka, sel akan mati. Sel-sel kulit mati menjadi keras dan bertumpuk 15~40 tumpukan, inilah yang disebut lapisan tanduk. Daki merupakan sel kulit mati yang terbuat dari campuran minyak yang keluar dari kelenjar minyak, debu, keringat, dan lainnya.

Daki pun ada yang asli dan yang palsu
Sel-sel kulit mati yang berada pada alapisan tanduk hanya menempel sebentar dan dengan otomatis akan jatuh sendiri dari kulit kita. Saat dicuci dengan air pun, sel kulit mati akan mengelotok sendiri. Itu adalah lapisan kulit putih yang melepaskan 30.000 ~ 40.000 sel dalam satu menit! Jika bercampur dengan debu dan keringat, warnanya akan menggelap dan lapisan inilah yang disebut daki. Daki asli adalah daki yang berwarna gelap. Daki asli  yang berwarna gelap akan terkelupas dan daki putih yang muncul merupakan lapisan tanduk baru yang harus menempel pada lapisan epidermis. Tapi lapisan tanduk kan artinya lapisan yang tersusun dari sel-sel mati, mengapa harus menempel pada kulit?

Daki putih merupakan krim pelindung alami yang melindungi kulit
Sel-sel kulit mati yang berada pada lapisan tanduk kuat dan tangguh. Permukaannya menutupi minyak yang keluar dari kelenjar minyak. Oleh karena itu, lapisan tanduk menyumbat benda apapun yang hendak masuk ke tubuh seperti  bakteri dan benda-benda kotor lainnya. Selain itu, lapisan tanduk berfungsi untuk menghambat hilangnya air dari lapisan epidermis yang berada di bawah lapisan dermis, melembabkan dan menghaluskan kulit. Daki putih bisa dikatakan sebagai krim alami yang melindungi kulit.

Ketika menggosok spons terlalu keras saat mandi, daki putih yang berharga juga terkelupas. Tanpa lapisan tanduk, kulit mudah kehilangan air sehingga menjadi tidak lembab dan kasar. Hilangnya minyak dalam lapisan tanduk dapat menimbulkan penyakit dermatitis (eksim) adau xeroderma (kulit kering).

Oleh karena itu, jika ingin memiliki kulit yang indah, kita harus melindungi lapisan tanduk dengan baik ketika mandi. Tapi bagaimana supaya lapisan tanduk tidak terkelupas seluruhnya?


Sebenarnya, orang-orang yang mandi menggunakan shower hampir tidak memiliki daki hitam. Maka, kita dapat menggunakan tangan sebagai pengganti spons untuk menggosok kulit. Setelah mandi, ada baiknya kita menggunakan lotion pada kaki dan tangan untuk mengurangi produksi minyak.

Oleh Yoana S.
Daftar Pustaka
Sook Young, Y., I Rang, K. 2005. Buku Pengetahuan Paling Jorok Sedunia. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar