RSS

Manfaat Buah

Buah (KBBI : [n] (1) bagian tumbuhan yg berasal dr bunga atau putik (biasanya berbiji): pohon mangga itu banyak -- nya; (2) kata penggolong bermacam-macam benda: dua -- kapal; se -- negeri; dua -- rencana; (3) pokok; bahan: -- percakapan; (4) hasil: -- jerih payahnya kini dapat dinikmati oleh keturunannya)adalah salah satu jenis makanan yang sering kita jumpai di pasar tradisional maupun modern. Di dunia, ada berbagai jenis buah yang bisa dimakan. Buah - buah tersebut ada yang mudah didapatkan maupun sulit didapatkan. Ada juga buah yang berharga tinggi maupun yang rendah bahkan mudah ditanam.
 
Pada umumnya buah memiliki serat, untuk melancarkan pencernaan, dan kadar air yang tinggi sehingga sehat untuk dikonsumsi, bahkan beberapa buah memiliki vitamin yang sangat berguna bagi tubuh. Buah juga biasanya memiliki rasa yang manis sehingga disukai anak – anak. Cara mengonsumsinya berbeda - beda; ada yang langsung dimakan, bisa dijadikan jus, dibuat selai, sebagai pelangkap makanan penutup, bahkana ada juga yang diolah sebagai makanan ringan atau menu utama. Berbagai buah – buah ini tidaklah sulit untuk didapatkan, contohnya ; tomat, pisang, anggur, dan jeruk. Coba kita bahas satu persatu.
 
Tomat kaya akan vitamin C dan A. Vitamin C memelihara kesehatan gigi dan gusi, mempercepat sembuhnya luka-luka. Vitamin A sangat diperlukan bagi kesehatan organ penglihatan, sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan, dan reproduksi. Tomat mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti jus dan saos.
 
Pisang mengandung vitamin A, B1, C, dan protein. Kita sudah membahas guna vitamin A dan C sebelumnya, sementara manfaat vitamin B1 salah satunya adalah melancarkan sirkulasi darah dan metabolisme. Protein berguna untuk menggantikan sel – sel tubuh yang rusak hingga mengatur kerja hormon dan enzim dalam tubuh. Pisang bisa dimakan langsung, dibuat jus, atau dibuat sebagai makanan penutup yang cukup terkenal yaitu banana split.
 
Jeruk terkenal akan vitamin C-nya, walaupun begitu jeruk juga mengandung antioksidan untuk melindungi kulit. Jeruk mengandung vitamin B6 yang mendukung produksi hemoglobin dan juga membantu menjaga tekanan darah tetap normal karena magnesium. Dan jeruk mengandung beta-cryptoxanthin (yang sering ditemukan dalam buah – buahan yang berwarna merah-orange) yang bermanfaat menurunkan resiko serangan kanker paru – paru.
 
Anggur mengandung vitamin A, C, B6 dan folate yang baik. Tetapi juga sumber mineral penting lainnya seperti potassium, calcium, iron, phosphorus, magnesium dan selenium. Anggur dapat meningkatkan kadar air pada paru – paru sehingga mencegah sesak nafas. Anggur juga dapat mengurangi kelelahan dengan zat besinya. Ada berbagai jenis anggur dengan warna atau kandungan biji yang berbeda – beda. Ada anggur yang berwarna ungu, hitam, maupun hijau. Ada juga anggur yang tidak memiliki biji sehingga bisa dapat langsung dimakan.
 
Ternyata buah yang kecil dan sederhana memiliki segudang manfaat yang mungkin tidak kita duga sebelumnya. Tak ada ruginya memakan buah karena menyehatkan tubuh kita sendiri. Seperti yang pepatah katakana, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Memakan buaha adalah salah satu upaya pencegahan penyakit yang paling mudah selain olahraga. Karena itu mulai sekarang makanlah buah buah untuk menjaga kondisi tubuh anda.


Oleh: Clara A. L.
Sumber :
http://www.melindahospital.com/modul/user/detail_artikel.php?id=1746_Manfaat-Protein-Untuk-Tubuh-
http://dbenga.blogspot.com/2012/02/manfaat-pisang.html
http://promosinet.com/kesehatan/diet-dan-nutrisi/1571-kandungan-gizi-buah-tomat.html
http://kamusbahasaindonesia.org/buah
http://eka.web.id/manfaat-jeruk-untuk-kesehatan.html
http://wolipop.detik.com/read/2011/03/06/124509/1585460/857/10-manfaat-anggur-bagi-kesehatan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar