RSS

Berjalan di Atas Air? Mungkinkah?


Teman-teman pernah melihat aksi pesulap berjalan di atas air? Wah, hebat sekali ya melihat pesulap bisa berjalan di atas air! Tapi, ternyata itu hanyalah trik kamera belaka, sehingga pesulap itu terlihat berjalan di atas air. Sayang sekali ya?

Tapi, teman-teman tidak perlu kecewa dulu. Ternyata, kita bisa loh benar-benar berjalan di atas air! Tanpa trik apapun, hanya dengan menerapkan ilmu-ilmu fisika. Bagaimana caranya ya?


Caranya mudah saja. Teman-teman cukup menyediakan cairan non-newtonian dan berjalan di atasnya. Voila! Jadi deh kita bisa berjalan di atas air!

Cairan non-Newtonian bersifat membentuk kepadatan di atas cairan di bawahnya, sehingga benda yang ada di atasnya akan mengapung meski berat jenisnya lebih besar.

Nah, sekarang teman-teman pasti sedang bertanya-tanya, bagaimana sih cara membuat cairan non-Newtonian? Tidak perlu takut, cara membuatnya mudah kok, bahan bahannya juga mudah didapat!

Cairan ajaib ini bisa dibuat dari campuran tepung maizena dan air. Sebagai percobaan, sediakanlah panci yang cukup lebar, kemudian isilah dengan air. Setelah itu, masukkan tepung maizena ke dalamnya—lebih banyak lebih baik. Itulah yang disebut cairan non-Newtonian.

Jika dilihat, air dalam panci itu tetap berupa cairan, namun ketika dipukul, tangan kita tidak bisa menembusnya, seolah air itu berubah menjadi benda padat. Sebaliknya, jika kita memasukkan jari perlahan-lahan ke dalam air itu, jari kita bisa menembusnya dengan mudah sebagaimana pada air biasa. Artinya, cairan non-Newtonian mampu menahan tekanan yang berat, yang berada di atasnya. Dengan cara serupa itulah kita bisa berjalan di atas air. Menarik ya?


Keajaiban ini pernah dilakukan di Arthurs Middle School di Trenton, Michigan. Sekelompok siswa, guru, dan orang tua murid, membawa sekitar 500 kilogram tepung maizena, dan menuangkannya ke dalam kolam renang sekolah. Setelah itu, anak-anak pun bisa berjalan, berlari, bahkan melompat-lompat di atas air kolam itu tanpa terjatuh atau tenggelam.

Selain campuran air dan tepung maizena, saus tomat juga merupakan cairan non newtonian loh!

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? (Tapi, jangan habisin stok tepung dan saus tomat di rumah ya! Nanti mama marah! Hehehe)

dikutip dari: belajar-sampai-mati.blogspot.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar